かも、じゃん、だって、ちゃう、だよね、ちゃった、って、であろう、です

1. kamo - かも

arti / penggunaan: mungkin (maybe / might)

contoh:
あした、パーティーいけるかも。
ashita, paatii ikeru kamo.
saya mungkin bisa datang ke pesta besok

2. jan -
じゃん

arti / penggunaan: digunakan untuk membiarkan orang lain tahu apa yang anda pikirkan.
ですね (desune) atau ますね (masune)

contoh 1.
だいじょうぶ? すげえねむそうじゃん。。。
daijoubu? sugee nemu sou jan.
apakah kau tidak apa-apa? kau terluhat sangat mengantuk.

contoh 2.
そのあかいドレス、かわいいじゃん。。。
sono akai DORESU, kawaii jan...
(saya pikir) gaun merah itu manis...

3. datte -
だって

arti / penggunaan: saya mendengar bahwa...

contoh:
この日本人のかしゅ、にんきあるんだって。
kono nihonjin no kashu, ninki arun datte.
saya dengar penyanyi jepang ini populer.

4. chau -
ちゃう

arti / penggunaan: bentuk lampau +
ちゃう (chau)
versi casual:
てしまう (teshimau)
digunakan ketika anda memberitahu bahwa anda akan melakukan sesuau yang bertentangan dengan keinginan anda dan harapan orang lain.

-
ちゃう (chau) juga bisa menjadi dialect kansai "ちがう" (chigau)

contoh:
ダイエットちゅうだけど、きょうはいっぱいたべちゃう。
DAIETTO chuu dakedo, kyou wa ippai tabe chau.
saya sedang diet, tapi saya makan akan banyak hari ini.

5. dayone -
だよね

arti / penggunaan: kata benda +
だよね (dayone)
versi casual:
ですよね (desuyone)
digunakan ketika anda setuju dengan sesuatu, atau mengungkapkan pendapat anda dengan lembut mencari kesepakatan.

contoh 1.
はやりの "かんこうスポットといえば?""スカイツリー" だよね。
hayari no "kankou SUPOTTO to ieba", "SUKAI TSURII" dayone.
jika seseorang bertanya "apa yang merupakan tempat wisata trendi?", saya akan berkata "sky tree"

contoh 2.
あついな~。。。 もうなつだよね。
atsui naa... mou natsu dayone
ini sangat panas... saya rasa sudah musim panas.

6. chatta -
ちゃった

arti / penggunaan: bentuk lampau +
ちゃった。
digunakan ketika anda telah melakukan sesuatu yang tidak anda harapkan. meskipun biasa nya digunakan dalam bentuk negatif, dapat digunakan dalam bentuk positif.
versi formal:
てしまった (teshimatta)

bila anda mengatakan
ちった (chatta), kedengaran nya maskulin

contoh 1.
かのじょにふられちゃった。。。
kanojo ni furare chatta...
pacarku (♀) mencampakkan aku...

contoh 2.
しけん うかっちゃった!
shiken ni ukacchatta!
aku lulus ujian! (saya tidak menharapkan itu)

7. tte -
って

arti / penggunaan: "saya mendengar bahwa..." "seseorang mengatakan kepada saya bahwa..."
jangan bingung dengan kata kerja imperaktif berakhir
(te) (misal nya やって)

contoh:
あのひと、かいてんすしで、20っさらたべたんだって。
ano hito, kaiten sushi de, 20 sara tebeta n datte.
saya dengar, orang itu memakan 20 hidangan sushi .

8. dearou -
であろう

arti: saya pikir, saya menduga

contoh:
日本のカレーとインドのカレーはべつのたべものといえるであろう。
nihon no karee to indo no karee wa betsu no tabe mono to ieru dearou
saya pikir anda bisa mengatakan bahwa kare jepang dan kare india adalah makanan yang berbeda

note:
digunakan dalam esai formal. tidak digunakan dalam bahasa lisan.

9. desu -
です

arti / penggunaan: kata benda / kata sifat +
です。(desu)
sangat dasar untuk menggambarkan present tense

contoh:
このいぬのかお、なんかへんです。

2 comments:

Anonymous said...

i need it....
thx momo chan~

Dewi Mulyani said...

u r wlcme :))