Trik Persuasif "YES SET"

Kali ini gue mau nulis sesuka hati gue aja ya.
Gue juga gak mau terlalu pake bahasa baku kayak biasanya, soalnye gue lagi bete.
Tadinya gue mau latihan ngoding (karena ada tujuan aja sih), tp tiba2 mood gue turun, yaudahlah gapapa ngeblog aja toh dari pagi udah latihan terus (walau ga pake hati). Ya iya jangan pake hati tar loe baper, ga nyambung, pakenya logika.

Daripada ilmu yang dah gue pelajari angus, mending sebelum gue punah, gue share di sini biar bermanfaat buat orang lain, at least buat menghibur ya, menghibur diri ini yang sering galau, (eaaaa.....).

Di sini gue mau ngasih trik persuasif, gimana caranya ngeyakinin orang lain tentang apa yang kita utarakan sama lawan bicara kita.
Trik ini bsa dipake buat siapa aja, bisa buat seorang marketer, guru, mubaligh, public speaker, ibu rumah tangga, anak sekolah, anak kuliahan, wirausahawan, everyone lah, toh hidup kita gak bisa lepas dari komunikasi persuasif.

Sekarang gue mau anggap kamu adalah seorang marketer yang lagi nawarin barang. Barang apa maunya? Terserah dah, yg penting barang, asal jangan barang haram, OK! :)
Misalnya mau nawarin obat herbal buat persendian ya...
Kamu bisa menerapkan trik YES SET ini dengan cara membuat beberapa pertanyaan yang kira2nya si lawan bicara bakal bilang YES.
Ingat ya, BEBERAPA, bukan SATU.
Nih ya gue kasih contoh.

(Setelah berbincang2 basa basi)
Marketer: "Apakah ibu sering mengalami sakit pada persendian?"
Target: "Ya!"
Marketer: "Sudah pasti itu mengganggu aktivitas sehari-hari ibu kan?"
Target: "Ya!"
Marketer: "Jika aktivitas ibu sehari-hari terganggu, maka pekerjaan rumah tidak akan selesai dan keluarga ibu tidak terurus kan?"
Targer: "Ya!"
Marketer: "Di sini saya mau menawarkan obat herbal bla bla bla bla..., sudah pasti ibu akan membelinya kan demi kesehatan ibu?"
Target:"YA!"

Tuh kan si ibu akhirnya bilang YA. :D
Karena pikiran si ibu udah terarahkan buat berkata YA!

Entah udah berapa buku yang dah gue baca terkait tingkah laku manusia, cara berkomunikasi mereka, dan lain2. Tapi jujur aja ya buat prakteknya aja gue merasa blm mampu. Gue bilang BELUM ya, bukan GAK.

Yawdah segitu dulu deh, ilmu yang lain tar disharing lagi ok Momo Lovers! (^O^)/

0 comments: