Cerita dan Resep Seblak Tulang Ayam

Masih dengan tema yang nyantai n gak formal, kali ini gue mau berbagi resep Seblak Tulang Ayam ala gue sendiri. Akhir2 ini gue senang banget sama seblak especially seblak tulang, soal kenapa nya ada ceritanya sih sebenarnya.

Di suatu hari, di pagi hari yang cerah, di sebuah kerajaan yang .......
Hahahah enggak...bukaaaannn ^O^/
Ceritanya gini.. Waktu itu pagi-pagi seperti biasa aku siap-siap buat pergi dengan mengenakan outfit yang udah keren (ceileeee). *Abaikan!!!
Terus aku berangkat, yang harusnya berangkat ke arah kiri, eh gue malah lurus...
Gak usah dicontoh untuk yang bagian ini ya, ceritanya gue lagi mau belajar bandel, maklum kemarin2 gue baik2 aja.
Ceritanya gue mau ke perpustakaan kampus, bukan buat baca buku tujuan utama nya, tapi gue cuma mau  nemuin ade gue di sana. Si dede Eli. Gue diem aja di perpus sana sambil baca-baca buku nyampe sore. Terus sore harinya si dede ngajakin gue ke rumah sodaranya, gue akhirnya ikut, pgn refreshing soalnya gue stress juga sih belum piknik sama sekali. Gue emang kurang piknik orangnya. Lumayan jauh juga ternyata. Udah nyampe sono, ketemu sodara2nya. Terus main sama anak kecil yg lucu.
Abis itu kita pulang. Hujan gedeeeee. Kita basah2n. Terus ade gue nanya ke gue "Mo, mau seblak tulang gak?", gue jawab "Emang ada? Tp gue g punya uang, duit gue udah abis", saat2 itu emang gue lg susah banget. Ga bawa duit sepeserpun di dompet. Ya gue idup di luar dari pagi sampe sore hampir Maghrib selama sebulan pake duit sisa sebulan gajian kemarin and keabisan jg akhirnya. Akhirnya si dede traktir gue seblak tulang, pedas banget and berasa enak banget soalnya dimakan pas gue lagi kelaparan and kedinginan, awkkwkwk (lebay gue). -_-

Semenjak itu gue jadi kebayang2 terus seblak tulang. Rasanya pengen makan itu lagi, tapi lumayan jauh banget kalau dari rumah orang tua gue. Mana di sekitaran rumah gue gak ada yg jualan tu seblak tulang. Akhirnya gue inisiatif bikin sendiri. Sebenarnya ni bs jadi peluang usaha sih ya, cuma gue lg fokus sesuatu dulu. Langsung aja gue beli tulangnya di pasar, agak susah juga nyarinya karena dah banyak yang booking duluan. harganya kira2 Rp.5000/ 1/4 yaaaaa....

Langsung aja ya ke bahan2nya.
1. Kerupuk. Kalau bisa kerupuk nya yang warna merah biar tampilannya kece gitu :D
Kebetulan gue adanya warna putih, ya udah pake yang ada aja. Jangan lupa ya kerupuknya direndam dulu pakai air panas ya supaya entar pas dimasak udah lunak, jadi gak usah lama2 dimasak, boros gas.
Tau kan sekarang nyari gas susah? Iya susah banget, udah mahal, susah pula.

2. Tulang ayam yang udah direbus.

3. Kalau ada sayuran, pake aja. Berhubung di gue lagi gak ada, ya udah gak pake. Ni gue pake bahan2 seadanya aja ya.

4. Air matang semangkuk. Gue kalau masak2 apa2 suka pengen pake air matang gatau kenapa, pengen aja.

5. Cabe bubuk. Nah ini yang perlu diperhatiin ya, pakenya cabe bubuk, jangan pake cabe biasa ntar rasanya kayak tumisan biasa. Pantesan selama ini gue bkin seblak koq rasanya aneh malah kayak tumisan biasa, gak kayak beli di luaran sana, ternyata gue salah jenis cabe.

6. Kaldu. Kalau bisa kaldu ayam ya soalnya kalau pake kaldu sapi nanti berantem sama tulang ayamnya.

7. Garam. Jangan keasinan ya, tar dikira pengen cepet2 kawin. (Padahal mah emang iya, eh).

8. MSG, dikit ya dikit banget dikiiiittt banget. Tp di sini gue gak pake. Kenapa? LUPA.

9. Gula putih

10. Merica

11. Bawang merah & bawang putih. Gue pakenya dikit banget soalnya kata ibu gue cewek jangan banyak2 makan bawang, nanti bau badan.

Takaran2nya liat aja ya di gambar.








Selanjutnya si bawang merah sama si bawang putih diulek, apa ya bahasa Indonesia baku nya diulek? Ya gitu lah pokoknya. Terus dicampur ke air matang yang di mangkuk tadi sama ditambahin bumbu2 semuanya diaduk rata.
Liat gambar ya...



Abis itu nyalain kompor, panasin minyak dikit ya. Dikittt banget. Karena gue gak begitu suka makanan2 berminyak. Puyeng liatnya. Sayur bersantan aja gue kurang suka.



Terus masukin air yang di mangkuk, masukin juga kerupuk dan tulang. Masak sampai airnya agak mengental. Pokoknya nanti hasil akhirnya airnya jangan terlalu cair jangan terlalu kental juga, ntar gak enak, itu kalau kata gue.


And taraaatttttt ini hasilnya. Gatau kenapa ya gue kalau masak rasanya suka enak (kata gue), mungkin gue ada bakat jadi koki. Mungkin ya. Gue emang suka kePDan. Dah lah...selamat mencoba ya Momo Lovers!
(^_^)/





0 comments: